Selasa, 19 Agustus 2008

TIPS-TIPS MENDIDIK ANAK

Pertama, Pendidikan melalui pembiasaan, Pengasuhan dan Pendidikan anak lebih diarahkan kepada penanaman nilai-nilai moral keagamaan, pembentukan sikap dan perilaku yang diperlukan agar anak-anak mampu mengembangkan dirinya secara optimal. Pada saat shalat berjamaah, anak-anak belajar mengenal dan mengamati bagaimana shalat yang baik, apa yang harus dibaca, kapan dibaca, bagaimana membacanya dan sebagainya. Karena dilakukan setiap hari, anak-anak akan mengalami internalisasi, pembiasaan dan akhirnya menjadi bagian dari hidupnya. Ketika shalat telah terbiasa dan menjadi bagian dari hidupnya, maka dimanapun mereka berada ibadah shalat tidak akan ditinggalkan. Kalau tidak shalat, mereka merasakan ada sesuatu yang hilang dan merasa bersalah.

Kedua, melalui keteladanan. Anak-anak usia dini selalu meniru apa yang dilakukan orang disekitarnya. Apa yang dilakukan orang tua, akan ditiru dan diikuti anak. Untuk menanamkan nilai-nilai agama, terlebih dahulu orang tua harus sholat, bila perlu berjamaah. Untuk mengajak anak membaca al-Qur'an terlebih dahulu orang tua membaca al-Qur'an. Sebab metode keteladanan memerlukan sosok pribadi secara visual dapat dilihat, diamati dan dirasakan sendiri oleh anak, sehingga mereka ingin menirunya.

Ketiga, melalui nasehat dan dialog. Terkadang anak-anak merasa jenuh, malas tidak tertarik terhadap apa yang diajarkan bahkan mungkin menentang dan membangkang. Orang tua sebaiknya memberikan perhatian, melakukan dialog dan berusaha memahami persoalan-persoalan yang dihadapi anak. Apalagi anak yang tengah mengalami fase kanak-kanak akhir (usia antara 6-12 tahun) mulai berfikir logis, kritis, membandingkan apa yang ada dirumah dengan yang mereka liat diluar. Mereka juga mulai menganggap nilai-nilai moral yang selama ini ditanamkan secara absolut menjadi relatif dan seterusnya. Orang tua diharapkan mampu menjelaskan, memberikan pemahaman yang sesuai dengan tingkat berfikir mereka.

Keempat, melalui pemberian penghargaan atau hukuman. Penghargaan perlu diberikan kepada anak yang memang harus diberi penghargaan. Metode ini secara tidak langsung juga menanamkan etika perlunya menghargai orang lain.

1 komentar:

Indonesia Kids mengatakan...

Pernah nonton Serial TV “Nanny 911”? Saatnya Anda berkesempatan bertatap muka langsung dengan salah satu bintangnya! Nanny Stella!

Come & See America’s Most Famous Nanny: Nanny Stella from “Nanny 911”
The Biggest Parenting Seminar in Indonesia : “Helping families achieve their full potential”

Tempat dan Waktu :
Jakarta, JITEC- Mangga Dua Square
Saturday, 5 December 2009

Dengan bekal pengetahuan dan pengalaman dalam membina ribuan orangtua apapun kondisinya di Inggris dan Amerika, Nanny Stella akan membantu Anda bagaimana cara berinteraksi dan berkomunikasi dengan Anak agar memiliki karakter yang baik dan mengembangkan potensinya demi masa depan yang cemerlang.

SEMINAR 1
* The First Five of 11 Commandments ( 11 Aturan Nanny dalam Mendidik Anak )
* How to communicate with your children
Sabtu, 5 Desember 2009 - Pkl. 09.00 s/d 12.00 WIB

SEMINAR 2
* The First Five of 11 Commandments ( 11 Aturan Nanny dalam Mendidik Anak )
* Working Parent vs Full Time Nanny
Sabtu, 5 Desember 2009 - Pkl. 14.00 s/d 17.00 WIB

Segeralah bergabung dengan ribuan orangtua (rumah, pekerja, single parent), para pemerhati tumbuh-kembang anak, psikolog, dan para pendidik karena Anda akan mendapatkan wawasan terbaik dalam membimbing buah hati tercinta demi masa depannya.

INFORMASI & RESERVASI:
Telp : 021 - 5695 6060
Web : http://my-ticketstation.com